STIKes BTH
Senin, 19 November 2018 | 17:13 WIB | HOME | BERITA | AGENDA | KONTAK | FORUM |

Berita


Simposium Cendekia Kelas Dunia Kemenristek DIKTI 2018.


Penulis : Wawan Kurniawan, A.Md. Dibuat : Selasa, 14 Agustus 2018 | 10:29 WIB

oleh : DR. Anna Yuliana


Sebulan yang lalu, DIKTI membuka pendaftaran untuk mengikuti seleksi sebagai peserta Simposium Cendekia Kelas Dunia Kemenristek DIKTI 13 - 14 Agustus 2018 Jakarta. Tertarik dengan acaranya, ikutlah mendaftar.
Sebulan kemudian, muncul notifikasi ke email yang mengabarkan kalau terpanggil menjadi peserta dari 405 orang yang lolos seleksi sehingga ada 3 wakil dari STIKes BTH Tasikmalaya , selain saya Dr. Anna Yuliana ada juga DR. Ruswanto Ais Zalfa dan Bu Nur Rahayuningsih . Jumlah total peserta yang daftar ada 13 ribu orang. Alhamdulillaah.
Hampir semua peserta yang hadir didominasi oleh para Ph.D, guru besar, senior2, ketua institusi penelitian dari overseas; Seoul International University, MIT, ALMI, AIPI, rektor2 seluruh Indonesia, ketua LPPM, associate professor dll.
Ada 4 pemateri kuliah umum sebagai pembukaan acara, Menteri Ristek Mohammad Nasir, Menkeu Sri Mulyani, Menko Luhut Panjaitan dan Kepala Bappenas RI. Sri Mulyani menyinggung soal konsep long life learning di education and training institutions. ,Kepala Bappenas membahas soal higher education, disrupsi dan inovasi, Menko Luhut Binsar cerita tentang ekonomi. Menteri Ristek membahas soal generasi emas, kompetensi dan kebijakan, teknologi untuk added value ke bidang pendidikan.
Acara ini mendatangkan 47 researcher yang berasal dari 12 negara, dimana merka dikenal sebagai para diaspora. Istilah diaspora adalah para cendekia yang berasal dari Indonesia dan mengabdikan dirinya di lembaga luar negeri. Kedatangan para diaspora ini diharapkan dapat memacu dan memicu para cendekia Indonesia untuk berkolaborasi dalam hal penelitian dan publikasi. Dan ternyata untuk menjadi diaspora ini pun berdasarkan seleksi. Ada 130 cendekia dunia yang mendaftar dan hampir kurang dari setengahnya yang diterima untuk datang ke Indonesia. Para diaspora ini memaparkan tentang penelitian dan prospek kolaborasi yang bisa dijalankan. Ada 8 bidang yang menjadi topik peminatan dimana pada akhir simposium dapat dihasilkan berbagai solusi untuk permasalahan yang dihadapi dalam setiap topik peminatan. Seru sekali diskiusinya, karena kita para peneliti Indonesia bisa berbagi dengan para peneliti dunia. Berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman, kerjasama, kontribusi dan kolaborasi bagi kemajuan pengetahuan Indonesia dan Dunia.

Bagimu negeri, jiwa raga kami!!

 




« Kembali ke List Berita


Komentar Pengunjung :







Pemberitahuan

stikes bth
stikes bth

Form Login Website

Username dan Password

Kontak STIKes BTH

Alamat. Jalan Cilolohan No. 36 Kota Tasikmalaya, 46115
Telpon 1. (0265)334740

Telpon 2.

Fax. (0265)327224

Email. mail@stikes-bth.ac.id

Statistik Visitor


CHOOSE YOUR LANGUAGE

  Beranda    Berita   Agenda   Gallery   Forum   Kontak