STIKes BTH
Senin, 21 Januari 2019 | 12:33 WIB | HOME | BERITA | AGENDA | KONTAK | FORUM |

Berita


Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut


Penulis : Wawan Kurniawan, A.Md. Dibuat : Senin, 31 Desember 2018 | 14:57 WIB

 

Sebanyak 65 Dosen dan 3 Orang Non Dosen mengikuti Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut Penelitian Kesehatan yang diselenggarakan oleh STIKes BTH Tasikmalaya bekerja sama dengan Komisi Etik Penelitian Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) Kemenkes RI sejak Kamis sampai dengan Sabtu, 27 - 29 Desember 2018 di Graha Husada STIKes BTH Tasikmalaya.
Pelatihan ini dibuka oleh Ketua STIKes BTH Tasikmalaya Hj. Enok Nurliawati, S.Kp., M.Kep., selain diikuti peserta dari STIKes BTH, juga diikuti instansi lain seperti STIKES Respati Tasikmalaya, STIKES Muhammadiyah Ciamis dan Universitas Perjuangan Tasikmalaya, mereka dengan serius mengikuti sesi demi sesi yang dimulai jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 dengan penuh konsentrasi karena penyampaian materi tidak seperti umumnya yaitu teori kemudian pembahasan kasus akan tetapi ini dibalik sehingga seluruh peserta harus mengikuti tahapan-tahapan ini dengan berurutan.
Hj. Meti Kusmiati sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan ini mengungkapkan: "Selama 3 hari ini kita sudah melaksanakan Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut Penelitian Kesehatan, tujuan diadakan pelatihan ini supaya dapat memberikan pemahaman dan menerapkan prinsip dan wawasan etik penelitian yang melibatkan subyek sebagai manusia".
dr. Triono Soendoro, M.Sc., M.Phil., Ph.D. sebagai narasumber pelatihan ini mengungkapkan bahwa kesadaran etik lah yang dicari dalam pelaksanaan pelatihan ini sehingga salah satu peserta mengungkapkan bahwa ternyata selama ini kita salah dan harus memperbaiki hal ini. Ketua KEPPKN Kemenkes RI ini menjadi narasumber di tiga hari kegiatan dan pada hari ketiga dibantu oleh Staf IT dari KEPPKN untuk system online pendaftaran dan operasional online etiknya.

Diakhir hari kedua pada hari Jumat, 28 Desember 2018 juga dikukuhkan Komisi Etik Penelitian Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya (KEPK STIKes BTH Tasikmalaya) yang diketuai oleh Ilham Alifiar, M.Farm., Apt. s.d. November 2022 sehingga kedepannya KEPK STIKes BTH Tasikmalaya ini dapat menjadi rujukan pengajuan protokol untuk etik penelitiannya secara nasional.

 




« Kembali ke List Berita


Komentar Pengunjung :







Pemberitahuan

stikes bth
stikes bth

Form Login Website

Username dan Password

Kontak STIKes BTH

Alamat. Jalan Cilolohan No. 36 Kota Tasikmalaya, 46115
Telpon 1. (0265)334740

Telpon 2.

Fax. (0265)327224

Email. mail@stikes-bth.ac.id

Statistik Visitor


CHOOSE YOUR LANGUAGE

  Beranda    Berita   Agenda   Gallery   Forum   Kontak