STIKes BTH
Kamis, 19 Oktober 2017 | 08:44 WIB | HOME | BERITA | AGENDA | KONTAK | FORUM |

S1 Farmasi » Sekilas


Sejarah Singkat Program Studi Farmasi STIKes BTH Tasikmalaya

Jurusan Farmasi BTH, selanjutnya disebut Farmasi BTH, didirikan pada 28 April 2004 (?), di bawah Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada (STIKes BTH) Tasikmalaya. Saat itu, Jurusan Farmasi ini merupakan bagian dari STIKes BTH Tasikmalaya.

Struktur organisasi Jurusan Farmasi BTH diketuai oleh seorang Ketua Jurusan (Kajur) dan dibantu oleh seorang Sekertaris Jurusan (Sekjur), yang bertanggungjawab untuk mengatur PBM (Proses Belajar Mengajar). Tanggal _________ 2010, Jurusan Farmasi diubah menjadi Program Studi Farmasi STIKes BTH Tasikmalaya, namun tetap berada di bawah STIKes BTH Tasikmalaya, dengan diketuai oleh seorang Ketua Program Studi (Kaprodi), Drs. Saeful Amin, Apt., dibantu oleh beberapa dosen wali dalam menjalankan PBM.

Hingga saat ini, Farmasi BTH terdiri dari 5 bagian keilmuan, yaitu Kimia Farmasi, Teknologi Formulasi, Bahan Alam Farmasi, Farmakologi, dan Ilmu Dasar/Ilmu Tambahan. Tiap-tiap bagian merupakan ilmu yang berhubungan, atau kelompok keilmuan dan terapan di bidang farmasi. Bagian-bagian ini meliputi teori, praktek, dan penelitian. Pada tiap bagian ada beberapa mata kuliah yang dibimbing oleh seorang dosen sebagai Koordinator Mata Kuliah (MK) yang bertanggungjawab untuk mengatur dan mengembangkan kuliah yang diberikan, praktek di laboratorium, dan mengatur penelitian. Laboratorium diatur dan diawasi oleh kepala UPT laboratorium yang menpunyai tanggungjawab masing-masing dalam mendampingi praktikum, dan membimbing proyek penelitian mahasiswa.

Tahun 2004, mahasiswa yang diterima di Farmasi BTH sebanyak _____ orang, yang merupakan lulusan pertama. Lama studi di Farmasi BTH yaitu 4 tahun dengan beban 150 sks.

Pada tahun 2007 (?),Farmasi BTH mempunyai kesempatan untuk menempati gedung dan laboratorium baru, yaitu Laboratorium Kimia Farmasi, Laboratorium Teknologi Formulasi, Laboratorium Farmakologi dan Laboratorium Bahan Alam Farmasi. Dengan luas tanah ____ m2, Farmasi BTH mengoptimalkan fasilitas dan bangunan untuk melayani mahasiswa dan stake holder. Banyak instrumen dan fasilitas modern diadakan, dan didukung oleh staf-staf berpengalaman.

Sistem Akademik di Farmasi BTH

Sistem Pendidikan di Farmasi BTH mempunyai beban 150 SKS yang terbagi dalam:
  1. Tahap Persiapan (2 semester) dengan beban 36 (tiga puluh enam) SKS.
  2. Tahap Sarjana Muda dengan beban minimal 82 (delapan puluh dua) SKS.
  3. Tahap Sarjana dengan beban minimal 32 (tiga puluh dua) SKS.

Mahasiswa yang menunjukkan prestasi akademik dengan IP (Indeks Prestasi) minimal 3,25 dari tiap kelas dan tiap angkatan mendapat beasiswa dari Yayasan BTH berupa pembebasan SPP selama 1 (satu) semester.

Fasilitas

Farmasi BTH didukung oleh peralatan-peralatan baru untuk membantu kegiatan belajar mengajar serta penelitian seperti KCKT, alat uji disolusi, spektrofotometer UV-Visible, dan berbagai peralatan laboratorium lain.
Fasilitas yang dimiliki oleh Farmasi BTH untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta penelitian adalah :

 

  1. Perpustakaan
  2. Laboratorium
  3. Ruang Komputer
  4. Layanan Hotspot 24 jam
  5. Aula yang representatif



Komentar Pengunjung :





HOME MENU

 

Agenda Kegiatan


Seminar KLINIK
Tanggal :22/05/2016
Tempat : Graha

SEMINAR KLINIK
Tanggal :12/05/2016
Tempat : GRAHA HUSADA STIKes BTH

Bakti Sosial Klinik
Tanggal :13/04/2016
Tempat : KLINIK BTH

PEMERIKSAAN USG GRATIS 2016
Tanggal :15/02/2016
Tempat : KLINIK BTH

Pemberitahuan

stikes bth
stikes bth

Form Login Website

Username dan Password

Kontak STIKes BTH

Alamat. Jalan Cilolohan No. 36 Kota Tasikmalaya, 46115
Telpon 1. (0265)334740

Telpon 2.

Fax. (0265)327224

Email. mail@stikes-bth.ac.id

Statistik Visitor


CHOOSE YOUR LANGUAGE

  Beranda    Berita   Agenda   Gallery   Forum   Kontak